Senin, 14 Desember 2009

Sentra Tas Wanita di Bogor ( Bagian 3 )

.HUB:INE FORINA 08815659891,Email:syahnaz8966@yahoo.com

PART 3
Sedangkan produk tas Tajur lebih mengarah pada produksi tas gaya elegan dengan tidak banyak aksesoris. Tas sentra Tajur banyak diproduksi tanpa merek, ini berbeda dengan tas produk sentra Ciampea (Bojongrangkas dan Tegalwaru) yang lebih banyak menempelkan merekyang banyak beredar di pasaran.
Produksi tas di sentra masih dilakukan secara manual. Proses pembuatn dimulai dengan membuat pola menggunakan kertas manila. Desain disesuaikan dengan desain tas yang sedang tren. Pola kemudian ditempelkan ke bahan dan dipotong rata. Selanjutnya merapikan potongan bahan dengan cara diseset menggunakan mata pisau yang tajam. Setelah siap, barulah dijahit serta diberi resleting dan tali. Proses ini dilakukan dengan menggunakan mesin jahit oleh para pekerja yang sudah terampil. Pekerjaan dilakukan manual dengan peralatansederhana. Meski demikian, hasilnya tidak kalah dengan tas buatan pabrik. Setelah masuk proses finishing, tas yang telah jadi diperiksa kembali dan dirapikan.
Pemasaran. Tas-tas cantik dan elegan buatan perajin di Bojongrangkas, Tegalwaru, dan Tajur, dipasarkan hingga Eropa. Perajin melayani pemesanan dengan penentuan minimum order yang berbeda-beda. Hal ini dikarenakan skala pengerjaan perajin sentra berbeda satu sama lain, ada yang skala besar dengan produk untuk ekspor seperti SKI Tajur, namun ada juga produk yang hanya untuk memenuhi kebutuhan pasar lokal, seperti Jack, perajin tas di Tegalwaru yang banyak menyetok ke Pasar Grosir Mangga Dua, Jakarta. Namun umumnya perajin menerima pesanan minimal selusin dengan pembayaran uang muka setidaknya 50%. Biasanya untuk pembelian dalam jumlah banyak akan mendapat diskon 5-10%.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar